Jakarta, CNBC Indonesia – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Presiden Joko Widodo dan Gibran Rakabuming Raka sudah dianggap sebagai keluarga besar partainya. Menurut dia, apabila Jokowi dan Gibran ingin masuk Golkar, tinggal memenuhi syarat formalitas saja.

“Bagi kami Pak Jokowi dan Mas Gibran itu sudah masuk dalam keluarga besar Golkar. Tinggal tentunya formalitasnya saja,” kata Airlangga di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta, Rabu, (24/4/2024).

Airlangga mengatakan Jokowi selama ini memang dekat dengan Golkar. Sementara, majunya Gibran dalam Pemilihan Presiden 2024 juga direstui Golkar melalui mekanisme Rapimnas resmi.

Dia mengatakan Partai Golkar selalu terbuka terhadap kader-kader terbaik yang dimiliki bangsa. Jokowi, kata dia, masuk dalam kategori kader terbaik bangsa itu.

“Jelas Pak Presiden, Pak Jokowi adalah kader terbaik bangsa yang sudah bersama Partai Golkar di dalam dua periode beliau,” kata dia.




Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers terkait Perkembangan Isu Perekonomian Terkini di Gedung Ali Wardhana, Jakarta Pada Kamis (18/4/2024). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Foto: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers terkait Perkembangan Isu Perekonomian Terkini di Gedung Ali Wardhana, Jakarta Pada Kamis (18/4/2024). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers terkait Perkembangan Isu Perekonomian Terkini di Gedung Ali Wardhana, Jakarta Pada Kamis (18/4/2024). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Akan tetapi, Airlangga menjawab diplomatis mengenai posisi yang akan ditempati Jokowi. Dia mengatakan itu tergantung Jokowi.

“Kalau posisi tergantung beliau. Karena beliau sekarang milik bangsa. Beliau milik semua partai. Dan saya dengarkan tentu Pak Prabowo beliau juga terbuka dengan Pak Presiden,” ucap dia.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PDIP Komarudin Watubun buka suara soal status Jokowi dan Gibran di partainya. Dia mengatakan mustahil jika Jokowi masih bagian dari PDIP.

“Ah orang sudah di sebelah sana bagaimana mau dibilang bagian masih dari PDI Perjuangan, yang benar saja,” kata Komarudin.

Komarudin berbicara lebih tegas soal status Gibran di PDIP. Dia mengatakan Wakil Presiden terpilih itu bukan lagi kader banteng.

Dalam kesempatan terpisah, Jokowi irit bicara mengenai sikap PDIP tersebut. Jokowi hanya tersenyum dan mengucapkan terima kasih.

“Ya terima kasih,” ucap Jokowi sambil tersenyum saat ditemui di usai menghadiri Rakernas Kesehatan di ICE BSD, Tangerang, Rabu (24/4/2024).

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Soal Presiden Boleh Memihak, Ini Kata Menko Airlangga


(wur/wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *